5 Hewan Paling Berbahaya yang Dimangsa Jaguar

Jaguar termasuk predator teratas yang memangsa hampir segala jenis hewan.



Sumber gambar: Instagram.com/jaguarecologicalreserve
Keterangan: Jaguar si raja Pantanal memangsa caiman besar


Hewanpos.net - Jaguar atau Panthera onca adalah spesies kucing terbesar di Amerika Selatan yang hidup di sekitar hutan hujan Amazon. Berdasarkan ukurannya, jaguar merupakan kucing terbesar ketiga setelah harimau dan singa. Namun memiliki gigi-gigi terkuat dibanding semua kucing besar.


Seperti harimau, jaguar juga suka hidup di sekitar perairan bahkan mampu berburu berbagai jenis hewan buas di bawah permukaan air. Anaconda dan caiman merupakan dua dari beberapa binatang buas yang disantap jaguar.


Berikut ini ada lima hewan paling buas yang masuk ke dalam daftar makanan kesukaan jaguar yang tidak biasa.


1. Anaconda hijau



Sumber gambar: Instagram.com/juanbuenog
Keterangan: Anaconda hijau sedang berjemur


Siapa yang tidak kenal anaconda? Ini adalah spesies ular terbesar dan terberat di dunia yang hidup di kawasan Amerika Selatan. Anaconda hijau merupakan spesies anaconda paling besar dan menjadi predator paling mengerikan di film Anaconda (1998) dan film Anacondas (2004) yang mampu membelit dan menelan manusia.


Namun siapa yang menyangka bahwa anaconda hijau termasuk hewan yang sering diburu oleh jaguar baik di darat maupun di air. Tentu jaguar harus berhati-hati agar tidak dibelit anaconda.


Dengan gigitannya yang kuat, jaguar mampu mencengkeram kepala anaconda sehingga ular ini kesulitan untuk melawan dan cenderung melarikan diri ke air. Jika anaconda hijau berukuran raksasa apalagi berada di air, jaguar lebih memilih pergi.


2. Caiman



Sumber gambar: Instagram.com/rodrigochaveznoriega
Keterangan: Seekor caiman terpaksa digigit oleh jaguar di Pantanal, Mato Grasso, Brazil


Di India ada buaya perampok (Crocodylus palustris) vs harimau bengal, maka di Amazon ada caiman vs jaguar. Jagur memasukkan caiman ke daftar menu makanannya dan siap memburu caiman bila jaguar lapar. Tentu saja, jaguar hanya memburu caiman yang mampu diburunya dan meninggalkan caiman yang berukuran lebih besar.


3. Trenggiling raksasa


Sumber gambar: Instagram.com/rnformosa
Keterangan: Trenggiling raksasa di cagar alam Formosa


Di kawasan Amazon, ada trenggiling raksasa alias Myrmecophaga tridactyla yang suka memakan semut dan rayap. Hewan ini berukuran besar dan memiliki cakar yang tajam. Dengan senjata alami ini, trenggiling berusaha keras agar tidak dimangsa oleh hewan manapun termasuk jaguar.


Dalam beberapa kasus, jaguar cenderung menghindari trenggiling ini dan akan berusaha memangsanya jika jaguar lapar. Jika jaguar lengah sedikit saja, tubuhnya bisa terluka parah bahkan mati.



4. Berang-berang raksasa



Sumber gambar: Instagram.com/photoinnatur
Keterangan: Berang-berang raksasa vs jaguar


Berang-berang raksasa atau Pteronura brasiliensis adalah predator puncak yang hidup berkelompok yang berbagi habitat dengan caiman dan anaconda. Hewan ini selalu kompak dan bersama dalam hal suka dan duka. Mereka saling membantu untuk mengalahkan predator lain yang mencoba menyerang mereka. Jika mereka bersatu, caiman dan anaconda bisa dimangsa mereka.


Walaupun jaguar memiliki deretan gigi paling kuat, kenyataannya seekor jaguar hampir mustahil untuk mengalahkan berang-berang yang berkelompok. Malah, jaguar lebih suka melihat sekumpulan berang-berang di air daripada melawan mereka.



5. 

Baca juga:

👉 5 Hewan Buas vs Harimau

👉 5 Hewan yang Berpotensi Membunuh Singa

👉 5 Nama Hewan yang Menjadi Nama Surah di Alquran

👉 5 Predator Puncak di Alam Liar

👉 5 Fakta Mengerikan dari Anaconda Hijau

👉 Adakah Ular Terkecil di Dunia?

👉 Berapa Panjang Buara Muara?

👉 Inikah Spesies Biawak Air Terbesar?

👉 Mengapa Laba-laba Janda Betina Membunuh si Pejantan setelah Mereka Kawin?

👉 Mengapa Harimau Dijuluki sebagai Raja Hutan Asia?

Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama