Bagaimana Buaya Muara Hidup?

Awas, dia menggigit!



Sumber gambar: Wikipedia English
Keterangan: Buaya muara berjemur




Hewanpos - Buaya adalah reptil terbesar yang masih berkembang biak dan para ilmuwan menyatakan, buaya sudah menghuni bumi sejak masa dinosaurus.

Dari seluruh anggota keluarga Crocodylidae, buaya muara merupakan spesies buaya paling besar dan paling berat yang mampu memiliki tubuh sepanjang enam meter lebih dengan berat melebihi satu ton.

Nama Latin Buaya Muara


Buaya muara alias buaya air asin memiliki nama ilmiah yaitu Crocodylus porosus. Nama ini diberikan oleh seorang naturalis Jerman bernama Johann Gottlob Theaenus Schneider (1750-1822) pada 1801.

Nama lain buaya air asin adalah Crocodylus biporcatus yang diberikan oleh Georges Cuvier (1769-1832) pada 1807 untuk buaya muara di India, Jawa, dan Timor. Tapi nama yang diberikannya tidaklah dipakai untuk menyebut buaya muara dalam bahasa Latin.

Apa Makanan Buaya Air Asin?


Reptil raksasa berkaki empat ini adalah salah satu predator puncak pemakan daging. Hampir semua binatang menjadi santapannya. Tikus, kijang, sapi, kambing, dan monyet adalah menu yang disukainya.

Bahkan, manusia sering menjadi korban keganasan buaya muara karena mereka memasuki habitat yang dihuni buaya muara. Sebagai balasan, buaya diburu dan dibunuh oleh manusia.

Habitat Buaya Air Asin


Buara muara merupakan buaya yang memiliki wilayah penyebaran paling luas di antara semua keluarga Crocodylidae. Buaya air asin ada di India, Srilanka, Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mikronesia dan Australia juga dilaporkan menjadi habitat buaya.

Walau bernama buaya air asin atau buaya muara, tapi Crocodylus porosus bisa hidup di air tawar, air payau, dan laut karena buaya muara memiliki kelenjar garam.

Buaya muara bisa hidup di Danau Sentarum, Kalimantan Barat. Di Pulau Timor, NTT, buaya muara tinggal di sekitar laut. Bahkan di Australia, buaya muara mampu berenang puluhan hingga ratusan km sehari di laut.

Keistimewaan Buaya Muara


Buaya air asin memiliki kemampuan menyelam di air selama berjam-jam dan mampu menahan lapar berbulan-bulan. Mungkin ini sebabnya, banyak orang menganggap buaya muara sebagai siluman yang mengancam nyawa manusia.

Keistimewaan lainnya, buaya muara tidak perlu takut pada hiu walau mereka bertemu di laut. Bahkan hiu banteng dilaporkan menjauhi buaya muara saat mereka berhadapan beberapa meter di Australia.

Selain itu, buaya termasuk satwa berdarah dingin. Untuk menghangatkan tubuhnya, buaya suka berjemur di bawah terik mentari dengan mulut terbuka.

Berapa Lama Buaya Muara Hidup?


Buaya jenis ini dilaporkan memiliki umur hingga 70 tahun lebih. Bahkan jika makanan tersedia di alam, buaya terbesar bisa hidup sampai 100 tahun.

Kapan Buaya Muara Kawin?


Menurut penelitian, buaya jantan mengalami kematangan seksual pada usia 14-16 tahun dan betina 10-12 tahun. Ukuran buaya jantan dewasa lebih besar dibanding betina dewasa.

Bagaimana Buaya Muara Reproduksi?


Buaya termasuk hewan bertelur dan seperti ular kobra, buaya bertelur dan mengerami semua telurnya hingga menetas. Buaya betina semakin ganas bila ada yang mengganggu telurnya.

Adakah Hewan Lain yang Memakan Buaya Muara?


Walau berstatus sebagai reptil paling berat dan besar, buaya muara juga bisa dimangsa oleh predator lain seperti harimau. Nyatanya, dari telur sampai menjadi dewasa, buaya muara bisa dimakan hewan lain.

Buaya Muara Terbesar di Dunia


Pada 2011, seekor buaya sepanjang 6,17 meter dengan berat 1 ton lebih berhasil ditangkap oleh warga Filipina oada 2011. Buaya raksasa bernama Lolong ini mati di penangkaran pada Februari 2013.

Belasan tahun sebelumnya, buaya jantan raksasa sepanjang 6,6 meter dan beratnya 850 kg ditangkap warga di Sungai Kenyamukan, Kecamatan Sangatta, Kab. Kutai. Buaya ini diawetkan dan dipamerkan di Museum Kayu Tuah Himba Tenggarong, Kutai Kertanegara.

Dengan umur yang panjang dan gigitannya terkuat, tidak mengherankan jika buaya muara menjadi raksasa dibanding semua spesies buaya lainnya.

Hewan Liar yang Dilindungi


Buaya muara memang satwa ganas yang bisa memangsa manusia. Hewan ini dilindungi negara melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI no. P. 92/MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI no. P. 20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018  tentang jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Sumber Referensi:

✍️ En.wikipedia.org. Saltwater Crocodile. Diakses pada 3 Desember 2020, dari https://en.wikipedia.org/wiki/Saltwater Crocodile

✍️ Blogmhariyanto.blogspot.com (2020, Juli). Buaya Muara (Crocodylus porosus). Diakses pada 3 Desember 2020, dari https://blogmhariyanto.blogspot.com/2009/07/buaya-muara-crocodylus-porosus.html

✍️ Detik.com (2020, 9 Agustus). 10 Fakta Unik Buaya Muara yang Disebut Siluman. Diakses pada 3 Desember 2020, dari https://inet.detik.com/science/d-5125834/10-fakta-unik-buaya-muara-yang-disebut-siluman/

✍️ Malangtimes.com (2018, 12 Maret). Buaya Ganas Pemangsa Manusia di Kalimantan Timur, Berikut Video Penangkapan oleh Warga. Diakses pada 3 Desember 2020, dari https://www.malangtimes.com/baca/25767/20180312/134128/buaya-ganas-pemangsa-manusia-di-kalimantan-timur-berikut-video-penangkapan-oleh-warga

Baca juga:


3 Komentar

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

  1. Gigitannya terkenal kuat. Jadi kalau mancing disungai, apalagi sungainya dekat pantai/pesisir, kaki jangan diayun2kan ke permukaan air ya, terbukti banyak banget korban jiwa yang case-nya begitu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama