Sanca Karpet yang Mempesona

Ular yang mengagumkan!




Sumber gambar: Instagram.com/stunningserpents
Keterangan: Ular sanca karpet hutan


Hewanpos.net - Pythonidae alias keluarga sanca adalah ular-ular pembelit yang memiliki 11 genus dan 39 spesies yang telah dikenal manusia. Mereka terkenal sebagai ular predator yang tidak memiliki bisa. Mereka dikenal sebagai pemangsa mamalia seperti kelinci dan reptil seperti kadal dan buaya.

11 genus tersebut adalah Antaresia, Apodora (piton Papua), Aspidit, Bothrochilus, Leiopython, Liasis, Malayopython, Morelia, Nyctophilopython, Piton, dan Simalia. Dari semua genus tersebut, ada Morelia yang memiliki 7 spesies. 7 spesies Morelia di antaranya adalah Morelia azurea, Morelia bredli, Morelia carinata, Morelia imbricata, Morelia spilota, Morelia viridis (sanca pohon hijau), dan Morelia riversleighensis yang sudah punah.




Sumber gambar: Instagram.com/carpet_pythons
Keterangan: Sanca karpet kuning




Salah satu spesies Morelia yang terkenal adalah Morelia spilota yang dikenal sebagai ular sanca karpet dengan warna yang cukup indah. Morelia spilota merupakan ular dari keluarga piton yang memiliki panjang antara 2 hingga 4 meter dengan ular jantan berukuran lebih kecil dibanding ukuran betina.

Seperti semua ular di bumi, ular sanca karpet suka memangsa burung, mamalia, dan reptil yang mampu mereka telan. Kucing peliharaan dan anjing sering dimasukkan ke dalam menu makanannya.

Hampir satu dekade yang lalu, seekor anjing chihuahua di kandangnya berhasil ditelan ular sanca di New South Wales, Australia. Sang pemilik tahu bahwa anjingnya telah dimangsa oleh ular karena ada rantai panjang anjing miliknya yang berada di dalam mulut ular. Kejadian ini membuat heboh publik Australia dan mereka mulai berhati-hati terhadap ular tersebut.





 
Sumber gambar: Telegraph.co.uk
Keterangan: Sanca karpet yang menelan anjing chihuahua







Morelia spilota disebut sebagai sanca karpet karena warna kulitnya bermotif mirip karpet buatan manusia. Warna ular ini yang membuatnya disukai dan dipelihara oleh manusia. Bagaimanapun juga, sanca karpet sama seperti ular lainnya. Morelia spilota bisa berbahaya dan merugikan bagi manusia walau mereka tidak berbisa. Setidaknya, anak-anak dan hewan peliharaan harus dijauhkan dari ular tersebut.

Sumber-sumber Referensi:


✍️ En.wikipedia.org. Morelia spilota. Diakses pada Minggu, 23 Juli 2023, dari
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Morelia_spilota

✍️ En.wikipedia.org. Bernard German de Lacepede. Diakses pada Minggu, 23 Juli 2023, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bernard_Germain_de_Lac%C3%A9p%C3%A8de

✍️ Telegraph.co.uk. 14-3-2014. Snake swallows Australian Chihuahua dog. Diakses pada Minggu, 23 Juli 2023, dari
https://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/australiaandthepacific/australia/10697954/Snake-swallows-Australian-Chihuahua-dog.html


✍️ En.wikipedia.org. Pythonidae. Diakses pada Minggu, 23 Juli 2023, dari
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Pythonidae

✍️ En.wikipedia.org. Morelia (snake). Diakses pada Minggu, 23 Juli 2023, dari
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Morelia_(snake)


Baca juga:










Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama