5 Hewan Puncak Rantai Makanan

Mereka adalah hewan paling buas di dunia dan hampir tidak punya pemangsa alami yang membahayakan mereka.





Sumber gambar: Spokesman.com
Keterangan: Elang emas




Hewanpos.net - Di kehidupan ini, selalu ada yang dimakan dan memakan yang disebut rantai makanan atau jaring makanan. Misalnya, manusia memakan nasi, daging ayam, sayur bayam, dan sambal.

Di alam liar, ada beberapa hewan yang menduduki peringkat sebagai hewan buas dan mereka sangat jarang atau bahkan mustahil dimakan oleh hewan lain. Mereka berada di puncak rantai makanan. Hewan-hewan yang berada di puncak tertinggi rantai makanan disebut apex predator atau alpha predator.

Tentu saja, hewan yang berada pada puncak rantai makanan adalah jenis karnivora seperti harimau, komodo dan buaya muara juga singa.

Misalnya, elang menempati puncak rantai makanan pada ekosistem sawah. Rantai makanannya yaitu padi -> tikus -> ular -> elang.

Berikut ini lima predator puncak yang hampir mustahil dimangsa hewan lain.

1. Harimau


Harimau alias Panthera tigris adalah anggota terbesar dari keluarga kucing. Ada beberapa spesies harimau yang masih berkembang seperti harimau Siberia, harimau Sumatera, dan harimau Bengal. Sedangkan harimau Jawa dan harimau Bali dinyatakan punah sejak beberapa dekade lalu.

Harimau merupakan puncak rantai makanan di hutan dan si predator puncak ini mampu memangsa berbagai jenis hewan. Babi, rusa, kambing, macan tutul, kura-kura, ular sanca, dan kerbau masuk ke daftar makanan harimau.

Kalau pun harimau bertarung dan mati dibunuh hewan lain, kemungkinan bangkai harimau dibiarkan membusuk hingga terurai. Di hutan, mungkin saja ular sanca raksasa bisa membelit harimau hingga mati, tapi belum tentu si piton mau menelan harimau.




Sumber gambar: Theguardian.com
Keterangan: Harimau India




Di hutan tropis Asia, pesaing berat harimau adalah piton raksasa dan beruang. Jika harimau menang, beruang dan sanca dimangsa. Tapi bila beruang dan piton yang menang, mereka belum tentu mau memakan harimau yang dibunuh mereka.

Hewan nasional bagi Malaysia dan Bangladesh ini terancam punah karena pengurangan luas hutan dan perburuan oleh manusia.

2. Singa


Si Panthera leo merupakan pesaing berat harimau dalam menduduki tahta sebagai raja hutan versi manusia karena singa juga predator puncak yang tidak mau berbagi habitat dengan predator lain seperti macan tutul.

Singa Afrika lebih terkenal dibanding singa India karena Afrika tidak ada harimau dan singa India kalah pamor dengan harimau Bengal.

Dibanding harimau, singa merupakan kucing terbesar yang selalu berkelompok dalam hidup dan berburu. Kebanyakan hasil buruan didapatkan oleh singa betina dan anak-anaknya sedangkan singa jantan mengawasi wilayah kekuasaan dan menjaga mereka dari predator lain.




Sumber gambar: Livescience.com
Keterangan: Sepasang singa





Kelebihan singa jantan dibanding harimau adalah singa memiliki surai yang melindungi leher dan memiliki pasukan singa sehingga tampak sebagai raja. Cuma dua jenis hewan yang paling sering bermasalah dengan singa yaitu hyena dan buaya Nil.

Uniknya, singa merupakan hewan nasional bagi Luksemburg, Libya dan Bulgaria karena singa dilambangkan sebagai satwa bijaksana.

3. Paus pembunuh


Paus pembunuh atau paus Orca merupakan predator raksasa di lautan yang memangsa semua jenis ikan buas seperti hiu macan, hiu putih besar, paus,  dan pari elang. Anjing laut dan penguin juga dimangsa oleh serigala laut ini.

Hewan ini bukanlah paus tapi spesies lumba-lumba terbesar paling ganas. Itu mengapa paus pembunuh merupakan anggota keluarga Delphinidae.




Sumber gambar: A-z-animals.com
Keterangan: Paus pembunuh





Seperti singa dan serigala, paus pembunuh selalu berkelompok sehingga hampir mustahil ada predator lain yang berani menyerang kumpulan paus Orca. Bahkan hiu putih besar yang terkenal kejam pada manusia, pasti menghindar. Itu juga mengapa di berbagai kebudayaan, Orca sering dijuluki sebagai penguasa dunia bawah laut.

Dengan panjang di kisaran 5-8 meter dan beratnya lebih dari 5 ribu kg, maka paus Orca termasuk hewan terbesar di dunia yang memakan ratusan kg daging tiap hari. 

4. Jaguar


Jaguar adalah kucing terbesar di benua Amerika yang memiliki gigitan terkuat di keluarga kucing. Jaguar hidup di Meksiko sampai Amerika Selatan. Dari wilayah kering hingga hutan hujan tropis, jaguar mampu beradaptasi dengan baik.




Sumber gambar: Theconversation.com
Keterangan: Jaguar sedang santai





Sebagai kucing ketiga paling besar setelah harimau dan singa, jaguar manjadi salah satu pemangsa puncak di Amerika. Hewan yang mirip macan tutul ini mampu memangsa kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris), dan caiman. Malah, banyak video beredar di Youtube bahwa Anaconda raksasa juga dimangsa jaguar.

5. Belut listrik


Belut listrik adalah ikan pisau dari keluarga Gymnotiformes yang menghuni perairan Amazon dan Orinoco. Bermuka seperti ikan gabus dan panjang seperti ular, maka tidak heran jika satwa ini disebut belut.

Satu-satunya spesies penghasil listrik sebesar 860 Volt ini mendapatkan nama Latin yaitu Electrophorus electricus dari Theodore Nicholas Gill (1837-1914) pada 1864. Sementara nama lain ikan ini adalah Gymnotus electricus.




Sumber gambar: Youaskweanswer.com
Keterangan: Belut listrik




Belut listrik merupakan pemangsa puncak yang memangsa udang, kepiting, ikan dan bahkan tikus. Tidak ada satu pun hewan yang mau memangsa belut listrik karena spesies ini mampu mengeluarkan daya listrik.

Satu-satunya cara agar belut listrik dapat dimakan adalah membiarkannya mengeluarkan setrum selama satu jam lebih. Tapi di alam liar, sangat mustahil ada pemangsa yang mau memakan belut listrik. Bahkan caiman dan piranha terkenal ganas pun bisa memalan belut listrik jika belut listrik menjadi bangkai.

Selain lima spesies tadi, ada komodo, beruang kutub, elang emas, dan macan tutul salju yang menjadi binatang buas yang tidak memiliki mangsa alami.

Sumber Referensi:

✍️ En.wikipedia.org. Apex predator. Diakses pada Rabu, 3 Maret 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Apex_predator

✍️ En.wikipedia.org. Jaguar. Diakses pada Kamis, 4 Maret 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Jaguar

✍️ Brown, Lolly. Senin, 8 Agustus 2016. Can You Eat Electric Eel?. Diakses pada Kamis, 4 Maret 2021, dari https://eelsaspets.com/can-eat-electric-eel/

✍️ En.wikipedia.org. Killer Whale. Diakses pada Kamis, 4 Maret 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Killer_whale

✍️ En.wikipedia.org. Leopold Fitzinger. Diakses pada Kamis, 4 Maret 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Leopold_Fitzinger

✍️ Bradford, Alina. Jum'at, 21 November 2014. Orcas: Facts About Killer Whales. Diakses pada Kamis, 4 Maret 2021, dari https://www.livescience.com/27431-orcas-killer-whales.html



Baca juga:





Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama