Selain Komodo, Inilah Spesies Biawak Terbesar

Biawak merupakan reptil buas yang haram dikonsumsi bagi para pemeluk Islam. Tapi daging biawak dipercaya bisa meningkatkan nafsu seks orang-orang dewasa di Asia.




Sumber gambar: Screenshot dari Cocofun
Keterangan: Beberapa anak ayam dimakan biawak





Hewanpos.net - Biawak adalah hewan karnivora berkaki empat dengan cakar tajam, ekor panjang, kulit bersisik, dan lidah panjang seperti ular. Biawak merupakan reptil dari keluarga Varanus.

Banyak jenis biawak hidup di dekat perairan seperti biawak sabana, biawak timor, biawak Nil (Varanus niloticus), dan biawak air Asia yang paling besar.

Biawak air Asia merupakan kadal terbesar dan terberat kedua setelah komodo. Satwa ini hidup di Asia Selatan seperti India dan Asia Tenggara termasuk Jawa dan Sumatera.

Biawak air Asia memiliki nama ilmiah yaitu Varanus salvator. Ahli reptil dari Austria, Josephus Nicolaus Laurenti (1735-1805) menyebut spesies ini sebagai Stellio salvator lewat karyanya berjudul "Spesimen medicum, Exhibens Synopsin Reptilium Emendatam cum Experimentis circa Venena"(1768).

Makanan biawak


Apa saja makanan biawak? Biawak termasuk reptil yang memangsa ikan, ayam, katak, burung, ular, bahkan telur biaya. Malah biawak diberitakan sering memakan daging manusia yang sudah meninggal.




Sumber video: Cocofun
Keterangan: Biawak makan beberapa anak ayam di dalam kandang



Apakah biawak bisa memanjat?


Biawaj juga bisa memanjat pohon untuk memburu mangsa seperti burung dan menyelamatkan diri dari predator lain seperti ular king cobra. Jika terdesak, komodo akan melompat dan terjun ke bawah lalu lari secepat mungkin.

Siapa yang memburu biawak?


Biawak air Asia bukanlah predator puncak walau memiliki tubuh terbesar setelah komodo. Binatang ini bisa dimangsa oleh Ophiophagus hannah, buaya muara, dan elang. Tapi jika besar dan kuat, biawak juga bisa memangsa predator mereka.

Manfaat bagi manusia


Biawak juga berperan bagi kehidupan manusia karena kulit biawak bisa merupakan bahan utama sepatu kulit, dan sabuk. Walau buas, biawak juga bisa dipelihara dengan manusia dengan mengorbankan anak ayam sebagai makanannya.

Tidak cuma itu, banyak orang percaya bahwa daging biawak bisa meningkatkan kualitas seks manusia sehingga mereka mau memakannya. Di Indonesia, daging biawak sudah biasa dikonsumsi sebagai afrodisiak.

Cara biawak berkembang biak


Biawak air Asia dewasa bisa tumbuh lebih dari 2 meter dan mereka bisa kawin setelah memiliki panjang lebih dari 40 cm. Sebagaimana dengan reptil lainnya, biawak betina juga mengeluarkan telur hingga puluhan. Tapi hanya beberapa ekor yang bisa hidup sampai dewasa karena ada predator lain seperti elang yang memburu biawak.

Sumber-sumber Referensi:

✍️ En.wikipedia.org. Asian water monitor. Diakses pada Minggu, 14 Maret 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Asian_water_monitor

✍️ En.wikipedia.org. Josephus Nicolaus Laurenti. Diakses pada Minggu, 14 Maret 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Josephus_Nicolaus_Laurenti


Baca juga:







Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama