5 Nama Binatang yang Menjadi Nama Surah

Betapa istimewanya nama hewan-hewan yang disebut dalam Kitab Suci!






Sumber gambar: Dreamtime.com
Keterangan: Lebah makan buah menjadi salah satu bukti kebenaran Alquran






Hewanpos.net - Sebagaimana yang kita tahu, Alquran adalah kitab suci yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم melalui malaikat Jibril. Berisi 114 surah, kitab suci ini menjadi rujukan pertama semua Muslim.

Jika kita membuka lembaran Alquran dari depan, maka Al-Fatihah adalah surah pertama dan An-Naas adalah surah terakhir. Uniknya, Al-Fatihah dan An-Naas adalah dua surah dari beberapa surah yang paling sering dibaca dan dihafal oleh banyak Muslim.

Dari semua surah, ada lima surah yang memakai nama hewan. Tentu, nama satwa ini dipilih sebagai surah terkait dengan peristiwa pada masa lalu dan manfaat mereka bagi manusia.

1. Al-Fiil (Gajah)


Hewan herbivora terbesar di darat ini dipilih menjadi nama surah Al-Fiil karena  berkaitan dengan serangan pasukan bergajah dari Yaman ke kota suci Makkah pada tahun 570 Masehi.

Abrahah membawa pasukan besarnya untuk menghancurkan Ka'bah yang selalu ramai dikunjungi. Tujuan Abrahah jelas, jika Ka'bah berhasil dihancurkan, maka dia bisa membangun rumah ibadah terbesar di Yaman.





Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Alquran Indonesia karya Andi Unpam
Keterangan: Surah Al-Fiil ayat 1






Namun kehendak الله terjadi, banyak burung ababil meluncurkan bebatuan terbakar ke arah pasukan bergajah. Abrahah dan pasukannya tewas bagaikan dedaunan yang dimakan ulat. Ini agak mirip dengan pesawat tempur yang berhasil menghancurkan tank baja dalam peperangan modern.

Karena peristiwa mengerikan yang menimpa pasukan Abrahah menjadi alasan mengapa tahun kelahiran Rasulullah diberi nama tahun gajah.

2. Al-Baqarah (Sapi betina)


Al-Baqarah adalah surah dengan ayat terbanyak dan ayat terpanjang karena Al-Baqarah memiliki 286 ayat dan ayat 282 adalah ayat terpanjang di kitab suci Alquran.





Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Alquran Indonesia karya Andi Unpam
Keterangan: Surah Al-Baqarah ayat 67






Nama Al-Baqarah merujuk pada peristiwa yang terjadi pada masa Nabi Musa عليه سلم. Pada ayat 67 hingga 71 dikisahkan bahwa Bani Israil diperintahkan oleh الله untuk menyembelih seekor sapi betina dan mereka hampir tidak melaksanakan perintah-Nya.

3. An-Nahl (Lebah)


Surah ke-16 di Alquran memiliki nama An-Nahl. Nama ini diambil dari ayat ke-68 yang menyatakan bahwa الله mengilhamkan lebah untuk membuat sarang di alam dan tempat-tempat yang dibuat manusia.






Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Alquran Indonesia karya Andi Unpam
Keterangan: Surah An-Nahl ayat 68






Surah An-Nahl mempunyai 128 ayat tentang sains, rezeki, dan hukum juga lainnya. Ayat 69 membuka kenyataan bahwa lebah juga memakan buah seperti lebah madu barat (Apis mellifera) yang diternak oleh manusia. Madunya pun bermanfaat juga bagi kita.

4. An-Naml (Semut)


Serangga terbanyak di muka bumi ini menjadi semakin istimewa karena menjadi nama surah ke-27 di Alquran. An-Naml memiliki 93 ayat yang dimulai dengan Kata طس dan diakhiri dengan segala puji bagi الله yang menunjukkan tanda-tanda kebenaran dan Dia tidak lengah terhadap apa yang dilakukan manusia.






Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Alquran Indonesia karya Andi Unpam
Keterangan: Surah An-Naml ayat 18






Nama An-Naml diambil dari ayat ke-18 tentang seruan seekor semut kepada sesama semut agar mereka tidak diinjak oleh bala tentara Nabi Sulaiman عليه سلم. Di ayat selanjutnya disebutkan bahwa sang Nabi tersenyum dan berdoa agar الله membuatnya tetap bersyukur.

5. Al-Ankabut (Laba-laba)


Surah terakhir di Alquran yang memakai nama binatang adalah Al-Ankabut yang berisi 69 ayat. Nama Al-Ankabut disebutkan pada ayat ke-41 tentang peringatan الله bahwa berlindung kepada selain الله diibaratkan seperti berlindung pada rumah laba-laba.





Sumber gambar: Screenshot dari aplikasi Alquran Indonesia karya Andi Unpam
Keterangan: Surah Al-Ankabut ayat 41






Ya, laba-laba adalah predator ganas bagi siapapun yang menempel di jaring-jaringnya yang lengket. Bahkan laba-laba jantan pun akan dimangsa oleh laba-laba betina setelah kawin.

Alquran adalah wahyu yang diwahyukan kepada Rasulullah صل الله عليه و سلم untuk menjadi pedoman bagi orang-orang berakal. Adakah yang mau mengambil pelajaran?




Baca juga:










Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama