Dibalik Serial Animasi Masha and the Bear yang Mengundang Tawa

Animasi Rusia yang penuh makna dan lucu!



Sumber gambar: Screenshot dari channel Masha and the Bear dengan judul "Summer Holidays"
Keterangan: Logo Masha and the Bear






Hewanpos.net - Masha and the Bear adalah serial animasi buatan Animaccord Animation Studio dari Rusia yang pertama kali tayang pada 2009. Karya Oleg Kuzovkov ini berkisah tentang kehidupan dan persahabatan seorang anak perempuan kecil berumur 3 tahun dengan seekor beruang cokelat jantan dewasa di hutan.

Segala tingkah laku Masha yang menyebalkan dan lucu tidak pernah membuat si beruang dan semua hewan lain marah. Malah mereka merasa terbantu dengan kehadiran si kecil berkerudung pink.

Apakah Masha and the Bear Kisah Nyata?


Masha dan beruang cokelat adalah pahlawan bagi cerita rakyat Rusia yang sudah melegenda dan pantas diketahui oleh masyarakat dunia.

Menurut cerita yang beredar, ada dua versi asal usul Masha and the Bear. Versi pertama menyebutkan bahwa animasi Rusia ini mengenang seorang gadis kecil yang dimakan oleh beruang sirkus yang lapar setelah si kecil kabur dari pengawasan kedua orangtuanya saat menonton sirkus.

Kejadian yang memilukan yang menimpa putri mereka, kedua orangtua bunuh diri. Itu mengapa serial animasi Rusia tidak pernah menampilkan kedua orangtua Masha.




Sumber gambar: Screenshot dari episode The Grand Piano Lesson
Keterangan: Beruang serius mengajarkan cara bermain piano






Versi kedua mengisahkan bahwa ada seorang anak perempuan kecil yang tinggal bersama kakek dan neneknya karena dia tidak memiliki orangtua. Karena bermain jauh ke hutan, si kecil tersesat dan memasuki rumah beruang.

Si spesies karnivora terbesar di darat tersebut menjadikan anak perempuan sebagai pembantu di rumahnya. Karena rindu dengan kakek dan neneknya, si gadis memohon kepada beruang agar mau memberi kue buatannya ke nenek dan kakeknya.

Dengan bersembunyi di antara kue yang dibuatnya, si kecil berhasil berkumpul bersama kakek dan neneknya tanpa disadari si beruang.

Walau tidak diketahui pasti versi mana yang benar, namun ketidakhadiran kedua orangtua Masha membuat Masha terlihat sebagai anak yatim yang kesepian dan butuh kasih sayang. Itu mengapa dia mau bermain dengan beruang raksasa dan hewan-hewan lain di hutan.

Latar Belakang Pembuatan Masha and the Bear


Seperti dikutip dari Thelist.com (13/2/2019), seorang direktur pengembangan untuk perusahaan penerbangan, Dmitriy Loveyko berkenalan dengan seorang animator cerdas bernama Oleg Kuzovkov melalui teman kuliahnya pada 2007. Pertemuan itu terjadi kala Kuzovkov membutuhkan investor untuk membantu bisnis animasinya.

Sekitar dua tahun kemudian, animasi Masha i Medved pun dirilis ke publik dan disambut positif.





Sumber gambar: Screenshot dari episode The Grand Piano Lesson
Keterangan: Masha






Pembuatan serial animasi berdurasi 6 menit untuk tiap episodenya menelan biaya sangat mahal. Hampir USD 250 ribu uang yang dikeluarkan untuk membiayai serial Masha dan Beruang.

Mahalnya biaya produksi berhasil ditutup dengan keuntungan besar yang diterima oleh Animaccord Animation Studio.

Banyak perusahaan di berbagai negara mau bekerjasama dengan Animaccord untuk menayangkan serial anak kecil berkerudung dan beruang tersebut. Misalnya di Indonesia, ANTV mau menayangkan serial tersebut sejak beberapa tahun terakhir. Begitu juga demgan Universal Kids dari negeri Paman Sam.

Siapa Pengisi Suara Masha?


Dari semua karakter di serial animasi Rusia, cuma Masha, Dasha dan Pastor Frost yang dapat berbicara karena mereka adalah manusia. Sosok Masha di serial diisi suara oleh Azelia Rashiki Andini (Indonesia), Elsie Fisher (English), dan Alina Kukushkina (Rusia).

Penghargaan


Selain keuntungan bisnis, Masha and the Bear juga memenangkan Kidscreen Award 2015 pada Februari 2015 untuk Animasi Terbaik dalam Bakat Kreatif.

Di Youtube, Recipe for Disaster menjadi video animasi paling banyak ditonton melebihi satu miliar.




Sumber gambar: Screenshot dari episode A Ghost Story
Keterangan: Masha dan sejumlah hewan mengelilingi bantal putih yang berisi babi peliharaan






Pakaian Masha yang sopan dan tertutup menjadi alasan lain mengapa banyak negara mayoritas Muslim seperti Indonesia menyambut hangat kemunculan serial Masha dan Beruang di TV.

Tuduhan terhadap Serial Animasi Rusia


Walau Masha and the Bear merupakan salah satu animasi lucu yang mengundang tawa banyak orang, ada beberapa negara menuduh serial tersebut merupakan alat propaganda Rusia.

Tuduhan itu berasal dari negara-negara yang tidak akrab dengan Rusia seperti Ukraina, Estonia, Polandia, dan Lithuania. Mereka menuduh sosok beruang cokelat adalah Rusia karena Rusia memiliki julukan negeri si beruang merah dan tidak begitu akrab dengan mereka.

Wallpaper Masha and the Bear



Sumber gambar: Wallpapertip.com
Keterangan: Masha dan Beruang




Sumber gambar: Screenshot dari episode The Grand Piano Lesson
Keterangan: Beruang mengajarkan cara bermain piano ke Masha




Sumber Referensi:


✍️ En.wikipedia.org. Masha and the Bear. Diakses pada Jum'at, 7 Mei 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Masha_and_the_Bear

✍️ Brolley, Brittany. Rabu, 13 Februari 2021. The Untold Truth of Masha and the Bear. Diakses pada Jum'at, 7 Mei 2021, dari https://www.thelist.com/145416/the-untold-truth-of-masha-and-the-bear/

Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama