Ada Apa dengan Laba-laba Janda Hitam?

Si jantan akan mati setelah bercinta dengan si betina dan betina akan memakan bangkai pasangannya





Sumber gambar: Idtools.org
Keterangan: Laba-laba janda hitam


Hewanpos - Lebih dari 48 ribu spesies laba-laba berhasil dicatat oleh para ahli termasuk laba-laba janda hitam. Laba-laba ini bernama Latin yaitu Latrodectus hesperus. Nama yang diberikan oleh dua ahli satwa AS yaitu Ralph Vary Chamberlin (1879-1967) dan Vaine Wilton Ivie (1907-1969) pada 1935.

Bagaimana Laba-laba Janda Hitam Hidup?

Seperti kebanyakan laba-laba, Latrodectus hesperus memulai hidupnya dari telur dan mendapatkan makanan dari induknya. Terkadang, sesama anak laba-laba ini saling memakan dan anak-anak laba-laba terkuat memakan anak-anak laba-laba yang lemah.

Setelah dewasa, mereka berpisah dengan sang induk dan membangun sarang sendiri. Mereka memanfaatkan jaring mereka untuk menjebak dan menangkap mangsa.

Bisanya, laba-laba janda hitam memangsa kumbang tanah, kumbang sejati (Curculionidae) dan kumbang gelap. Semut, lebah, dan tawon juga menjadi makanannya.

Latrodectus hesperus betina akan terangsang bila menyentuh jaring Latrodectus hesperus jantan. Menurut penelitian, mereka bersanggama selama 10 menit sampai dua jam.

Laba-laba betina terkenal dengan kemampuannya memangsa pasangannya setelah bercinta. Ya, si jantan akan mati setelah bercinta dan alat kelaminnya rusak akibat bersentuhan dengan perut betina yang kasar. Lalu Latrodectus hesperus betina akan melahap bangkai si jantan untuk kelangsungan hidupnya.

Ciri-ciri Latrodectus Hesperus

Laba-laba janda hitam betina memiliki panjang sekitar 14-16 mm dengan tubuh hitam dan warna merah mirip jam pasir di bagian perutnya.

Sedangkan jantan, ukurannya lebih kecil, berwarna cokelat, dan garis-garis lebih terang di bagian perut.

Latrodectus hesperus begitu mirip dengan laba-laba janda selatan (Latrodectus mactans) dan laba-laba janda cokelat (Latrodectus geometricus).

Apakah Laba-laba Janda Hitam Berbahaya?

Latrodectus hesperus merupakan salah satu predator yang berbahaya bagi binatang lain. Laba-laba janda hitam memiliki racun yang bisa merusak saraf mangsanya.

Bila tergigit, manusia bisa mual, kram otot, berkeringat dingin di area gigitan, muntah, dan nyeri. Untuk menghindari gigitannya, manusia harus memeriksa dan membersihkan rumahnya termasuk ruang bawah tanah, loteng, garasi, dan tempat-tempat yang dihuni oleh Latrodectus hesperus.

Habitat Laba-laba Janda Hitam

Indonesia beruntung karena Latrodectus hesperus hanya hidup di wilayah barat Amerika Utara yang membentang dari British Columbia sampai Manitoba, Kanada. Laba-laba ini sering ditemukan di perbatasan AS dan Kanada.

Sumber Referensi:

✍️ En.wikipedia.org. Latrodectus hesperus. Diakses pada Kamis, 10 Desember 2020, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Latrodectus_hesperus

✍️ Idtools.org. Fact Sheet: Latrodectus hesperus. Diakses pada Kamis, 10 Desember 2020, dari http://idtools.org/id/table_grape/spider/factsheet.php?name=Latrodectus+hesperus



Baca juga:




10 Komentar

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

  1. serem kalau ada di kolong tempat tidur, syukurnya Indonesia nggak ada, ya?

    BalasHapus
  2. Saya baru tau ada laba2 janda, pasti sukan goyang.. haha

    BalasHapus
  3. wah nambah pengetahuan tentang hewan lanjutkan sukses selalu gan πŸ‘

    BalasHapus
  4. Nambah pengetahuan ni mas. Baru tau kalau ada laba2 jandaπŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
  5. Jadi tau kalau selama ini ada laba laba janda hitam.. sangat bermanfaat, bisa nambah wawasan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama