5 Jenis Hewan yang Bisa Membunuh Singa

Walau singa termasuk hewan predator puncak di alam liar, bukan berarti hewan buas lainnya takut!




Sumber gambar: Screenshot dari channel Nat Geo Wild di youtube
Keterangan: Singa jantan







Hewanpos.net - Seperti yang kita tahu, singa alias Panthera leo adalah spesies kucing liar terbesar kedua setelah harimau. Mereka hidup di India dan Afrika yang berbagi habitat dengan banyak hewan lainnya.

Tidak seperti kebanyakan spesies kucing besar lainnya yang cenderung soliter, singa justru hidup bersama sejumlah singa lainnya dalam kelompok dan si jantan sebagai pemimpin mereka.

Mereka suka berburu bersama dan banyak hewan lainnya yang mereka mangsa seperti zebra dan jerapah. Namun sebagai karnivora buas, singa juga biasanya berhadapan dengan hewan-hewan buas lainnya untuk berebut mangsa atau melindungi diri.

Walau singa dianggap sebagai raja di savana oleh manusia, bukan berarti sejumlah spesies hewan buas lainnya takut melawan singa. Lalu, adakah hewan yang sanggup mengalahkan bahkan membunuh singa?

1. Ular


Lebih dari 3 ribu spesies ular di seluruh dunia dan sekitar seperlimanya berbisa yang bisa membunuh manusia dan hewan lainnya. Di antara ular-ular berbisa, mamba hitam atau Dendroaspis polylepis adalah ular paling berbisa di Afrika.

Dengan panjang sekitar 2,5 hingga 4,5 meter, mamba hitam mampu membunuh lusinan manusia dalam sejam. Dengan kecepatan sekitar 20 km per jam, mamba hitam mampu membunuh singa dengan mudah jika singa memasuki kawasan mamba hitam.





Sumber gambar: Screenshot dari channel National Geographic di youtube
Keterangan: Ular mamba





Alasan singa bisa begitu mudah dibunuh oleh mamba hitam adalah karakter mamba yang terlihat polos seolah tidak mengancam singa sehingga singa merasa aman. Ini berbeda dengan kobra yang menegakkan tubuhnya dan membuka tudungnya sambil berdesis sehingga singa merasa kobra membahayakannya.

Beberapa ular berbisa lainnya yang mampu membunuh singa adalah ular kobra Mozambi (Naja mossambica) yang mampu menyemprotkan bisanya dalam jarak 3 meter, Bandotan gembung (Bitis arientans), Bandotan gabon (Bitis gabonica), kobra Mesir (Naja haje), dan kobra kuning (Naja nivea).

Tidak melulu ular berbisa, ular sanca batu Afrika (Python sebae) juga diketahui mampu mengalahkan dan menelan anak singa. Namun piton dewasa tampak kesulitan mengalahkan singa yang berkelompok.

2. Harimau (Panthera tigris)


Kucing belang raksasa ini sering dijadikan perdebatan oleh manusia tentang siapakah yang menang bila singa dan harimau bertarung?





Sumber gambar: Screenshot dari channel Helena Watkins di youtube
Keterangan: Tiga harimau di Tiger Canyons, Free State, Afrika Selatan






Sejak ribuan tahun silam, kedua spesies kucing besar tersebut pernah diadu oleh manusia dan banyak catatan sejarah menyebutkan bahwa harimau sering mengalahkan singa. Namun kebanyakan konflik singa dan harimau yang diketahui terjadi karena ulah manusia yang ingin mengetahui siapa pemenang di antara mereka. 

3. Buaya


Reptil berkaki empat yang menghuni perairan Afrika menjadi musuh bagi siapapun yang mendekati wilayah mereka walau sekadar untuk minum.

Crocodylus niloticus alias buaya nil adalah penguasa perairan Afrika yang begitu ditakuti dan diwaspadai oleh semua hewan termasuk singa.




Sumber gambar: Screenshot dari channel Nature's Beauty
Keterangan: Buaya nil dan pria berambut sedikit






Singa tidak seperti harimau dan jaguar yang berani berburu mangsa di perairan. Kebanyakan video yang beredar di youtube menunjukkan bahwa buaya selalu siap menerkam singa yang minum atau menyeberangi sungai.

4. Hyaena atau hyena


Hyena adalah karnivora berleher agak panjang dari keluarga Hyaenidae yang bermusuhan dengan segala hewan buas di Afrika termasuk singa dan macan tutul.

Seperti singa, heyna juga hidup berkelompok yang memakan daging segar hingga daging busuk. Mereka juga suka merebut daging yang dimakan oleh hewan lainnya.





Sumber gambar: Screenshot dari film Lion King
Keterangan: Singa jantan bernama Mufasa berhasil menyelamatkan dua anaknya dari pasukan hyena







Hyaenidae merupakan satu-satunya keluarga hewan buas yang berani melawan keluarga kucing besar di Afrika. Bahkan sekumpulan hyena sering kali adu kekuatan dengan sekawanan singa di Afrika.

Walau bergigi lebih tajam dibanding singa, seekor hyena bisa dikalahkan oleh seekor singa. Namun seekor singa yang sial bisa dikeroyok dan dibunuh oleh kawanan hyena.

5. Kerbau Afrika (Syncerus caffer)


Walau terlihat lebih lemah dibanding badak dan gajah juga jerapah, seekor kerbau Afrika bukanlah hewan yang mudah untuk ditaklukan oleh seekor singa.

Dengan tanduk dan tenaganya yang kuat, kerbau Afrika siap melawan singa yang memasuki wilayah dan mengancam nyawanya.





Sumber gambar: Screenshot dari youtube
Keterangan: Singa jantan dan pasukannya mengepung kerbau Afrika yang selalu waspada






Ini bisa dilihat di video yang berjudul "Lions vs Buffalo, Tanzania Safari Hightlights" yang diunggah ke youtube oleh Tanzania Odyssey sekitar 2 tahun silam. Sekawanan singa terlalu takut untuk menaklukan seekor kerbau Afrika hingga mereka tidak mampu membunuhnya.

Sumber-sumber Referensi:


✍️ En.wikipedia.org. African Rock Python. Diakses pada Senin, 6 September 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/African_rock_python

✍️ En.wikipedia.org. Tiger versus Lion. Diakses pada Senin, 6 September 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Tiger_versus_lion

✍️ Gestalt, Andrew. Kamis, 12 Agustus 2021. Top 10 Animals Can Kill a Lion. Diakses pada Senin, 6 September 2021, dari https://listverse.com/2021/08/12/top-10-animals-that-can-kill-a-lion/

✍️ Messenger, Stephen. 20 November 2014. Lion's Lucky Escape From Crocodile Caught on Film. Diakses pada Senin, 6 September 2021, dari https://www.thedodo.com/lion-avoids-eaten-crocodile-829876421.html

✍️ Weebly.com. 10 Most Venomous Snakes in Africa. Diakses pada Senin, 6 September 2021, dari https://snake-facts.weebly.com/10-most-venomous-snakes-in-africa.html



Baca juga:










Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama