Riwayat Hidup Harimau si Raja Hutan

Si predator puncak yang terancam punah!



Sumber gambar: Instagram.com/p/B9tQml7nFc
Keterangan: Harimau di Taman Nasional Ranthambore, India







Hewanpos.net - Harimau merupakan salah satu satwa ganas yang hidup di hutan. Spesies karnivora terbesar dari keluarga kucing ini memiliki ciri khas berupa belang-belang hitam dari bulu hingga kulitnya.

Harimau liar hidup di daratan Asia dari Rusia hingga Indonesia dan India, dari hutan bersalju hingga hutan bakau dan hutan gambut. Sayangnya sejak 1996, IUCN (International Union for Conservation of Nature) memasukkan harimau ke daftar satwa terancam punah.

Lalu, bagaimana kehidupan harimau dan konflik manusia dengan harimau?

Perkawinan dan Kehamilan


Harimau termasuk kucing soliter yang akan berkumpul bersama pasangannya selama musim kawin atau estrus sepanjang tahun. Harimau betina siap kawin pada usia 3-4 tahun sedangkan usia siap kawin harimau jantan adalah 4-5 tahun.

Selama hidupnya, harimau bukanlah hewan yang memiliki pasangan yang sama. Misalnya, harimau betina paling terkenal dari India, Machali dilaporkan telah kawin dengan lima harimau jantan dan menghasilkan sebelas ekor anak.

Setelah proses perkawinan berhasil, harimau akan hamil selama sekitar 16 minggu atau empat bulan. Selama itu pula terkadang, harimau jantan hadir menemani harimau betina.

Anak-anak


Seperti anggota keluarga kucing besar lainnya, rata-rata jumlah anak harimau yang dilahirkan sang induk adalah 3-4 anak. Mereka akan diurus oleh si betina hingga mereka mampu berburu sendiri.

Sayangnya, rata-rata anak-anak harimau dikabarkan akan mati sebelum dewasa karena dibunuh oleh harimau jantan yang ingin mengawini harimau betina.






Sumber gambar: Instagram.com/thetigerbrother
Keterangan: Harimau dan ketiga anaknya sedang minum air







Harimau-harimau yang masih kecil dan lemah lebih terancam bahaya karena kehadiran hewan-hewan buas lainnya seperti ular sanca, buaya, dan macan tutul. Itu mengapa harimau betina selalu berusaha menjaga semua anaknya sambil berburu apalagi anak harimau dilahirkan dalam keadaan buta.

Harimau Muda


Harimau dikatakan mandiri setelah berusia 17-24 bulan dan pandai berburu. Jika demikian, si induk harimau akan berkembang biak lagi 18-24 bulan ke depan.

Perkelahian


Sesama harimau jantan akan berkelahi memperebutkan wilayah dan pasangan. Biasanya, seekor harimau jantan menolak menyerahkan wilayahnya ke harimau jantan lain. Namun perkelahian mereka pasti terjadi sampai mati bila salah satu dari mereka menolak menyerah.

Dua harimau jantan siap berkelahi demi harimau betina sedangkan harimau betina tersebut dilaporkan pergi mencari harimau jantan lain di lain tempat untuk kawin.

Mangsa


Sebagai pemangsa puncak, harimau memakan hampir semua jenis hewan herbivora di darat seperti kuda, rusa, kambing, sapi, kerbau, ayam, monyet, gajah, dan badak. Hewan-hewan buas seperti buaya, kobra, king kobra dan sanca juga masuk dalam daftar menu makanan yang bisa disantap oleh si kucing belang.

Pemangsa


Harimau tidak memiliki predator alami karena kebanyakan hewan buas seperti beruang yang berhasil membunuhnya, tidak akan memakannya. Beberapa hewan yang bisa membunuh harimau adalah ular berbisa, dan amukan badak juga singa.

Namun jika harimau dikalahkan dan dibunuh di perairan oleh buaya, ada kasus bahwa buaya akan memakannya. Di Suaka Margasatwa Sunderbans, India, seekor harimau betina diberitakan mati terbunuh oleh buaya sepanjang 4,2 meter setelah berduel sepanjang malam pada Agustus 2011.

Ancaman dari Manusia


Manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang bisa membunuh dan menghancurkan demi kesenangan dan bisnis. Tiga subspesies harimau yang sudah punah karena ulah manusia seperti harimau Kaspia (Panthera tigris virgata), harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dan harimau Bali (Panthera tigris balica).




Sumber gambar: Instagram.com/bhargava_srivari
Keterangan: Seekor harimau benggala melewati jalan utama Tadoba - Chandrapur disaksikan para pengendara motor







Begitu juga dengan beberapa spesies harimau seperti harimau Malaya (Panthera tigris malayensis), harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), harimau Benggala (Panthera tigris tigris), harimau Siberia (Panthera tigris altaica), dan harimau Cina Selatan (Panthera tigris amoyensis) yang terancam punah karena perburuan, perdagangan ilegal dan pengrusakan habitat asli mereka.

Peran Kita


Harimau Jawa dan harimau Bali dinyatakan punah karena dimusnahkan oleh manusia. Di Sumatera, harimau sering berkonflik dengan manusia terkait pengurangan luas hutan dan pengrusakan alam, juga pemburuan.

Agar harimau tetap lestari dan tidak punah, banyak penangkaran, kebun binatang dan suaka margasatwa dibangun oleh manusia. Taman Nasional Ranthambore adalah salah satu taman nasional dari India paling terkenal karena berhasil membantu perkembangbiakan harimau.

Berapa Jumlah Harimau Sekarang?


Menurut data organisasi World Wild Life, sekitar 3900 harimau liar masih tersisa di seluruh dunia. Sedangkan menurut WWF, sekitar 5 ribu hingga 8 ribu harimau hidup di penangkaran-penangkaran Paman Sam. Ya, jumlah harimau di Amerika Serikat lebih banyak dibanding jumlah harimau liar di alam bebas.

Hari Harimau Internasional


Sejak 2010, di St Petersburg Tiger Summit, Rusia, Hari Harimau Global dirayakan pada 29 Juli sebagai bentuk kepedulian kita terhadap harimau agar spesies kucing raksasa ini tidak punah.

Peran Pemerintah Indonesia


Saat ini, cuma harimau Sumatera yang masih tersisa sedangkan kedua saudaranya yaitu harimau Bali dan harimau Jawa sudah punah.

Seperti pemerintah India yang mencintai harimau Benggala, pemerintah Indonesia juga berusaha menjaga harimau Sumatera agar tidak lenyap.

Ada beberapa tempat konservasi harimau Sumatera terkenal di Indonesia seperti Taman Nasional Gunung Leuser (Aceh dan Sumatera Utara), Taman Nasional Way Kambas (Lampung), Taman Nasional Rimbang Baling (Riau), Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (Lampung), Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (Riau), dan Taman Nasional Kerinci Seblat (Jambi - Bengkulu - Sumatera Barat - Sumatera Selatan).





Sumber gambar: Instagram.com/tauseef_traveller
Keterangan: Harimau benggala membuka mulut






Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil di Kabupaten Siak, Riau didaulat sebagai pusat konservasi harimau oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (AYD) pada 2020 kemarin. Suaka Margasatwa Bukit Batu di Kabupaten Bengkalis juga menjadi areal kerjasama pelestarian harimau.

Hukum di Indonesia


Harimau termasuk daftar satwa yang terancam punah sehingga dilindungi di banyak negara seperti Indonesia.

Konflik manusia dan hewan telah terjadi sejak dua jenis makhluk hidup ini bersinggungan, begitu juga dengan sengketa harimau dengan manusia di Nusantara.

Di Indonesia, setiap orang yang menangkap, menyiksa, membunuh, menjual atau melakukan kejahatan terhadap hewan-hewan yang dilindungi berarti melanggar Pasal 21 ayat (2) UU no. 5 tahun 1990. Sang pelaku akan ditahan selama 5 tahun atau denda sebesar Rp. 100 juta menurut Pasal 40 ayat (2) UU no. 5 tahun 1990.

Semoga harimau dan hewan-hewan lainnya tidak punah.

Sumber-sumber Referensi:


✍️ Meyer, Amelia. 2013. Tiger Reproduction. Diakses pada Rabu, 22 September 2021, dari https://www.tigers.org.za/tiger-reproduction.html

✍️ Seaworld.org. All About Tiger - Reproduction. Diakses pada Rabu, 22 September 2021, dari https://seaworld.org/animals/all-about/tiger/reproduction/

✍️ Tigers-world.com. 16 Januari 2014. Tiger Reproduction. Diakses pada Rabu, 22 September 2021, dari https://www.tigers-world.com/tiger-reproduction/

✍️ Lairweb.org.nz. Mating. Diakses pada Rabu, 22 September 2021, dari http://www.lairweb.org.nz/tiger/mating2.html

✍️ Lairweb.org.nz. Conflict. Diakses pada Rabu, 22 September 2021, dari http://www.lairweb.org.nz/tiger/conflict11.html

✍️ Timesofindia.com. 10 Agustus 2011. Croc Kills Tiger Night Long Duel. Diakses pada Rabu, 22 September 2021 September 2021, dari https://m.timesofindia.com/home/environment/flora-fauna/croc-kills-tiger-after-night-long-duel/articleshow/9548432.cms

✍️ En.wikipedia.org. International Tiger Day. Diakses pada Rabu, 22 September 20021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/International_Tiger_Day

✍️ Tfcasumatera.org. 22 Oktober 2020. Menyelamatkan Harimau Sumatra Dimulai Dari Mana? Catatan untuk Hari Harimau Internasional. Diakses pada Kamis, 23 September 2021, dari http://tfcasumatera.org/menyelamatkan-harimau-sumatra-dimulai-dari-mana-catatan-untuk-hari-harimau-internasional/

✍️ Maharani, Esthi. 30 Juli 2020. Pusat Konservasi Harimau Sumatra Dibangun di GSK Riau. Diakses pada Kamis, 23 September 2021, dari https://m.republika.co.id/berita/qe896a335/pusat-konservasi-harimau-sumatra-dibangun-di-gsk-riau

✍️ Worldwildlife.org. Tiger | Spesies. Diakses pada Kamis, 23 September 2021, dari https://www.worldwildlife.org/species/tiger

✍️ Pfeiffer. Christina. 3 Januari 2021. How Many Tigers Are Left in The World. Diakses pada Kamis, 23 September 2021, dari https://travel2next.com/how-many-tigers-are-left-in-the-world/

✍️ Pramesti, Tri Jata Ayu. 6 November 2014. Jerat Hukum Pelaku Penangkapan Satwa yang Dilindungi. Diakses pada Kamis, 23 September 2021, dari https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5451c73bd26e5/jerat-hukum-pelaku-penangkapan-satwa-yang-dilindungi/



Baca juga:










Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama