Harimau vs 5 Hewan Buas, Siapa yang Menang?

Mampukah harimau mengalahkan dan membunuh musuhnya?





Sumber gambar: Instagram.com/ricky.patel.photography
Keterangan: Foto harimau benggala  diambil pada Oktober 2017 di Taman Nasional Ranthambhore, India






Hewanpos.net - Semua orang mungkin tahu bahwa harimau adalah spesies kucing terbesar dengan taring dan cakar yang tajam. Satwa buas yang terkenal dengan belang-belang hitam ini merupakan pemangsa puncak di alam liar.

Sebagai pemilik gigitan terkuat kedua setelah jaguar di keluarga kucing besar, harimau tentu hidup di hutan belantara di benua Asia dari Rusia hingga India dan Indonesia.

Di alam liar, harimau (Panthera tigris) pasti sering berhadapan dengan sesama predator. Kemungkinan besar pertarungan antara harimau dengan hewan-hewan buas lainnya akan terjadi. Alasan mereka bertarung pasti karena untuk memangsa, mempertahankan diri, menjaga anggota keluarga mereka atau melindungi wilayah yang dikuasai mereka.

Ada beberapa hewan buas yang dianggap sebagai musuh berbahaya bagi harimau. Seringkali perkelahian harimau dengan binatang buas karena ulah manusia.

Lalu, hewan apa saja yang dianggap berani melawan harimau?

1. Harimau vs Singa


Singa dan harimau berasal dari keluarga kucing (Felidae) dengan karakteristik yang berbeda. Harimau adalah salah satu predator yang berburu sendirian sedangkan singa (Panthera leo) bersama kawanannya berburu bersama.

Kedua jenis kucing ganas ini seringkali diadu sejak ribuan tahun silam oleh manusia. Biasanya, singa Afrika diadu dengan harimau dari Asia untuk diadu oleh orang-orang Romawi.





Sumber gambar: Instagram.com/vw_wildlife
Keterangan: Singa jantan






Mental harimau yang lebih suka membunuh bila bertemu musuh ditambah gigitannya yang lebih tajam bisa menjadi sebab mengapa harimau bisa mengalahkan bahkan membunuh singa.

Ini bisa dibuktikan dengan kematian seekor singa di Kebun Binatang Ankara, Turki karena harimau benggala mencakar leher singa sekali saja hingga berdarah pada 2011 lalu.

Namun, pertarungan singa dan harimau bagi Britania Raya sering digambarkan sebagai peperangan antara Kerajaan Mysore (1399-1948) dengan East India Company atau EIC (1600-1847) pada beberapa dekade abad ke-18 di India. Kemenangan Britania terhadap pasukan Sultan Fateh Ali Sahab Tipu (memerintah 1782-1799) pada Pertempuran Seringapatam (April-Mei 1799) digambarkan sebagai kemenangan singa Inggris terhadap harimau benggala lewat medali Seringapatam.

2. Harimau vs Piton


Ular sanca dan harimau sering bertemu di hutan-hutan Asia khususnya India dan  Indonesia. Harimau memandang sanca sebagai mangsa yang harus dibunuh dan bahkan dimakan. Sementara ular piton menganggap harimau sebagai musuh berbahaya.

Dengan lilitan yang kuat dan tubuhnya yang panjang, ular sanca bisa membuat harimau mati lemas. Namun gigitan dan cakar harimau ditambah kecerdasan harimau memaksa ular piton selalu melindungi kepalanya.

Jika kepala piton berhasil digigit, harimau akan membunuhnya tanpa ampun. Namun sejauh ini, belum ada berita bahwa ular piton bisa membunuh harimau.





Sumber gambar: Screenshot dari youtube
Keterangan: Harimau bertemu ular sanca






Pada Agustus 2018 lalu, seorang pria bernama Sharath Abraham berhasil merekam pertemuan harimau benggala dengan piton di Suaka Margasatwa Nagarhole, Karnataka, India.

Di video tersebut terlihat jelas bahwa kedua hewan buas tidak bertarung. Harimau memasuki semak untuk menghindari ular piton yang melintang di jalan yang akan dilalui harimau.

3. Harimau vs Macan Tutul


Seperti singa dan harimau, macan tutul juga berasal dari keluarga kucing besar. Namun mereka tidaklah akur karena mereka adalah predator berdarah panas yang selalu ingin menang.

Macan tutul (Panthera pardus) bukanlah lawan yang seimbang bagi harimau karena ukuran tubuh dan gigitan macan tutul tidak sebesar dan sekuat harimau.






Sumber gambar: Screenshot dari akun Leopardo-Chita TV di youtube
Keterangan: Harimau membawa macan tutul







Berat macan tutul lebih ringan sekitar sepersepuluh dibanding berat harimau. Karena itu, macan tutul pasti melarikan diri daripada melawan harimau.

Pada 2016 lalu, para pengunjung dikejutkan dengan pemandangan tidak biasa. Seekor harimau betina menggigit dan membawa bangkai anak macan tutul di Suaka Harimau Sariska, India. Peristiwa aneh tadi diabadikan oleh seorang pengunjung bernama Abimanyu Singh Rajvi.

4. Harimau vs Kobra


Kobra termasuk ular berbisa yang lebih berbahaya dibanding ular piton bagi siapapun karena kobra yang memiliki panjang tubuh kurang dari satu meter mampu membunuh siapapun. Sementara piton dianggap berbahaya setelah mereka memiliki tubuh sepanjang lebih dari dua meter.

Di alam liar atau kebun binatang, si kucing besar bisa bertemu ular berbahaya seperti kobra. Kobra memiliki bisa yang mampu membunuh lawannya ditambah mereka dapat menyemprotkan bisa mereka ke mata lawan hingga menyebabkan kebutaaan.





Sumber gambar: Screenshot dari youtube
Keterangan: Harimau dewasa bertemu dengan ular kobra India yang terkenal ganas







Gerakan kobra yang cepat dan tanpa disadari bisa membunuh sang harimau. Di Kebun Binatang Indore, Madhya Pradesh, India, seekor harimau putih dewasa mati karena gigitan ular kobra.

Video di youtube berjudul "White Tiger vs King Cobra Fight to Death on 27 December 2014" memperlihatkan bangkai harimau putih di dalam kandang yang sempit. Kemungkinan besar harimau putih yang sedang makan daging, tidak sadar ada seekor king kobra memasuki kandang dan menggigitnya.

Video yang diunggah oleh Manoj Khandekar bisa menjadi bukti bahwa ular berbisa seperti king kobra adalah pembunuh mematikan tanpa suara.





Sumber gambar: Screenshot dari youtube
Keterangan: Seekor harimau putih dewasa mati karena digigit ular kobra






Pada 17 Juli 2009, seekor harimau benggala ditemukan mati oleh para petugas di Sunderbans, Benggala Barat, India. Mereka menyakini harimau mati karena infeksi hati akibat memangsa dua ekor kobra dan salah satunya king kobra. Para petugas juga percaya harimau berusia 14 tahun tidak mati karena gigitan atau penyemburan bisa sang ular.

5. Harimau vs Buaya


Seperti jaguar, harimau juga pandai berenang dan berburu di perairan tawar. Tentu, penghuni perairan seperti buaya akan menghadapi atau menghindari harimau.

Ada harimau betina dari India yang terkenal berani merebut mangsa dari buaya di danau dan dia juga mampu membunuh dan memangsa buaya mugger (Crocodylus palustris) sepanjang 4,2 meter pada 2003. Harimau betina tersebut bernama Machali yang mendapat banyak gelar dari manusia.





Sumber gambar: Screenshot dari youtube
Keterangan: Harimau betina bernama Machali sukses menggigit buaya







Beberapa gelar yang didapatkan si betina seperti Ratu Harimau Ranthambore, Penguasa Danau, dan Pembunuh Buaya. Semua gelar yang didapatkannya karena keberaniannya memburu mangsa dan menambah jumlah harimau di Taman Nasional Ranthambore, India.

Dengan perkawinannya dengan lima harimau jantan selama hidupnya, Machali memiliki 11 anak. Tujuh anak betina dan empat anak jantan.

Dari semua spesies buaya di dunia, cuma buaya muara yang dianggap lebih berbahaya dan mampu melawan harimau. Dengan kekuatan gigitan sebesar 3700 PSI dan tubuhnya yang panjang dan berat, buaya muara bisa mengalahkan dan membunuh harimau yang ceroboh.

Sumber-sumber Referensi:


✍️ Selamet, Adi. 4 Desember 2020. Bagaimana Buaya Muara Hidup?. Diakses pada Jum'at, 17 September 2021, dari https://www.hewanpos.net/2020/12/bagaimana-buaya-muara-hidup.html

✍️ BBC.co.uk. 7 Maret 2011. Tiger Kills Lion in Ankara Zoo. Diakses pada Kamis, 16 September 2021, dari https://www.bbc.co.uk/news/world-europe-12669308

✍️ En.wikipedia.org. Tiger versus Lion. Diakses pada Kamis, 16 September 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Tiger_versus_lion

✍️ En.wikipedia.org. Seringapatam Medal. Diakses pada Kamis, 16 September 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Seringapatam_Medal

✍️ En.wikipedia.org. Siege of Seringapatam (1799). Diakses pada Kamis, 16 September 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Siege_of_Seringapatam_(1799)

✍️ Latestly.com. 22 Juli 2020. Tiger vs Python, Old Video of Unlikely Encounter Between Wild Cat and Giant Snake From Nagarhole Sanctuary in Karnataka is Going Viral. Diakses pada Kamis, 16 September 2021, dari https://www.latestly.com/social-viral/tiger-vs-python-old-video-of-unlikely-encounter-between-wild-cat-and-giant-snake-from-nagarhole-sanctuary-in-karnataka-is-going-viral-1908376.html

✍️ En.wikipedia.org. Leopard. Diakses pada Kamis, 16 September 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Leopard

✍️ Earthtouchnews.com. 14 Juni 2016. Tiger Kills Leopard in Roadside Skirmish (Video). Diakses pada Kamis, 16 September 2021, dari https://www.earthtouchnews.com/natural-world/predator-vs-prey/tiger-kills-leopard-in-roadside-skirmish-video/

✍️ Timesofindia.com. 19 Juli 2009. Dead Tiger in Sunderbans had Swallowed King Cobra. Diakses pada Jum'at, 17 September 2021, dari https://m.timesofindia.com/home/environment/flora-fauna/dead-tiger-in-sunderbans-had-swallowed-king-cobra/articleshow/4795699.cms

✍️ En.wikipedia.org. Machali (Tigress) Diakses pada Jum'at, 17 September 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Machali_(tigress)

Baca juga:











Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama