Biografi Singkat Carl Linnaeus

Bapak taksonomi modern!




Sumber gambar: Wikipedia English
Keterangan: Potret Carl Linnaeus yang dilukis oleh Alexander Roslin (1718-1793) tahun 1775






Hewanpos.net - Pembagian penamaan tumbuhan, hewan, dan mineral yang disebut nomenklatur binomial erat dikaitkan dengan Carl Linnaeus. Ilmuwan dari Swedia ini terkenal sebagai salah satu peletak dasar taksonomi modern. Karyanya dikenal dengan nama taksonomi Linnaean.

Salah satu hewan yang diberinama sesuai namanya adalah Giraffa camelopardalis Linnaeus. Jerapah bertanduk tiga ini hidup di Afrika Utara.

Biografi Singkat Carl Linnaeus


Car Linnaeus lahir pada 23 Mei 1702 di Ă„lmhult dan wafat pada 10 Januari 1778 di Uppsala. Ahli botani dari Swedia ini memiliki kedua orangtua bernama Nicolaus Ingerlmarsson dan Christina Brodersonia.

Sang ayah memiliki nama asli Nils Linnaeus yang bekerja sebagai pendeta Lutheran dan mengajari Carl Linnaeus banyak bidang termasuk bahasa Latin, agama, dan geografi.

Nicolaus Ingemarsson sengaja memilih nama Linnaeus sebagai nama keluarganya karena ada pohon linden raksasa (Tilia tomentosa) yang tumbuh di tanah miliknya.

Pendidikan


Carl Linnaeus bukanlah pria miskin yang menjadi ilmuwan. Dia merupakan salah satu anak dari tokoh berpengaruh dan kaya di Swedia. Kedua orangtuanya memasukkan Carl Linnaues ke beberapa sekolah dan universitas prestisius lalu belajar ke beberapa guru dan profesor.

Carl Linnaeus merupakan salah satu lulusan terbaik dari tiga universitas favorit kala itu seperti Universitas Lund (Swedia), Universitas Uppsala, dan Universitas Harderwijk (Belanda). Di semua perguruan tinggi ini, Carl Linnaeus berkembang sebagai pencinta ilmu botani dan kehewanan.

Cark Linnaeus belajar di Swedia dan Belanda. Pada April 1732, Royal Society of Sciences membiayai perjalanan study Carl Linnaeus dari Uppsala ke Lapland. Sebelum berusia 25 tahun, Carl Linnaeus berangkat menuntut ilmu di Swedia utara.

Siapa Guru-guru Linnaeus?


Selain kedua orangtuanya, tentu ada banyak orang yang berjasa dan berpengaruh bagi kehidupan Carl Linnaeus hingga kita mengenalnya sebagai bapak taksonomi modern.

Beberapa guru terkenal bagi Carl Linnaeus yaitu:

✔️ Johan Telander, saat Linnaeus masih 7 tahun

✔️ Daniel Lannerus (kepala sekolah)

✔️ Johan Rothman (dokter dan guru) di Katedralskolan yang mengajari Carl Linnaeus di bidang pengobatan dan botani. Sang dokter percaya bahwa Carl Linnaeus akan menjadi ahli botani.

✔️ Prof. Kilian Stobaeus (1690-1742) sebagai sejarawan dan dokter menawarkan bimbingan dan penginapan untuk Carl Linnaeus.

✔️ Prof. Olof Celcius (1670-1756) di Universitas Uppsala mengizinkan Carl Linnaeus menggunakan perpustakaan botani.

Bersahabat dengan Orang-orang Hebat


Selain berasal dari keluarga kaya, berpendidikan tinggi, dan jenius, Carl Linnaeus juga bersahabat dengan banyak tokoh besar. Sebagian tokoh yang terkenal akrab dengan Carl Linnaeus menguasai bidang yang sama dengan Carl Linnaeus.

Seorang ahli botani Belanda, Herman Boerhaave (1668-1738) menawarkan perjalanan gratis untuk Carl Linnaeus ke Aftika Utara dan Amerika. Namun ilmuwan botani Swedia itu menolak tawarannya dengan alasan dia tidak kuat cuaca panas.

Saran lain dari Herman Boerhaave diterima oleh Carl Linnaeus agar Carl Linnaeus tinggal bersama ahli botani lain, Johannes Burman (1707-1780) selama musim dingin.

Karya-karya Tulis Carl Linnaeus


Carl Linnaeus merupakan salah satu ilmuwan yang suka menulis sejak masih muda. Ada beberapa catatan dan bukunya yang ditulisnya selama dia masih hidup. Berikut karya-karya tulisnya.

✔️ 1729, tesis Carl Linnaeus berjudul Praeludia Sponsaliorum Plantarum tentang reproduksi seksual tumbuhan.

✔️ Buku Systema Nature diterbitkan pada 1735 atas biaya dari ahli botani Belanda, Johan Frederik Gronovius (1690-1762) dan dokter Skotlandia, Isaac Lawson (wafat 1747). Ini berisi sistem klasifikasi dari Carl Linnaeus.

✔️ Tesisnya berjudul Disertatio medica inauguralis in qua exhibetur hypothesis nova de frebrium internittntium causa (1735) terbit.

✔️ Buku Genera Plantarum diterbitkan di Leiden, Belanda pada 1737

✔️ Buku Critica Botanica diterbitkan pada Juli 1737

✔️ Catatan Flora Lapponica ditulis di Amsterdam tahun 1737 tentang nomenklatur dan klasifikasi pertama berisi 534 spesies.

✔️ Ahli botani, Johannes Burman (1707-1780) membantu Carl Linnaeus membuat dua karya yaitu Fundamenta Botanica dan Bibliotheca Botanica.

✔️ Species Plantarum diterbitkan pada 1753 dalam dua volume oleh Laurentius Salvius di Stockholm. Buku tersebut berisi daftar spesies tanaman yang telah dikenal oleh Carl Linnaeus.




Sumber gambar: Wikipedia English
Keterangan: Judul buku Systema Nature tahun 1758




Kritik untuk Carl Linnaeus


Ilmuwan sehebat apapun pasti menerima kritik dan saran dari orang lain dengan akal sehat. Banyak ilmuwan yang mengkritik Carl Linnaeus terkait teori Linnaeus bahwa manusia dan kera (Simia) memiliki kesamaan secara taksonomi.

Seorang biolog Johan Gottschalk Wallerius (1709-1785) dari Swedia, ahli zoologi Jacob Theodor Klein (1685-1759) dan ahli botani Johann Georg Gmelin (1709-1755) dari Jerman mengkritik teori Linnaeus dengan alasan tidak masuk akal menyamakan kera dengan manusia.

Alasan mereka lebih ditekankan pada kepercayaan mereka bahwa manusia diciptakan sesuai rupa-Nya. Namun Carl Linnaeus menantang semua teolog untuk membantahnya secara sains.

Carl Linnaeus tidak melulu berpetualang dan mencari ilmu-ilmu yang menurutnya penting. Dia menikahi Sara Elisabeth Moraea dan memiliki tujuh anak.

Itulah sederet fakta dan kehidupan Carl Linnaeus yang memanfaatkan kebaikan orang-orang terdekatnya untuk mencari ilmu dan salah satu hasil dari jerih payah Carl Linnaeus adalah kita bisa mengenal taksonomi modern yang dirintis Carl Linnaeus dan para ilmuwan beberapa abad yang lalu.

Sumber-sumber Referensi:


✍️ Goodreads.com. Carl Linnaeus. Diakses pada Minggu, 9 Mei 2021, dari https://www.goodreads.com/author/quotes/660225.Carl_Linnaeus

✍️ En.wikipedia.org. Carl Linnaeus. Diakses pada Minggu, 9 Mei 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Carl_Linnaeus

✍️ En.wikipedia.org. Systema Nature. Diakses pada Minggu, 9 Mei 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Systema_Naturae#

✍️ En.wikipedia.org. Diakses pada Minggu, 9 Mei 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Species_Plantarum

✍️ En.wikipedia.org. Diakses pada Minggu, 9 Mei 2021, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Linnaean_taxonomy#:~:text=In%20the%20taxonomy%20of%20Linnaeus,classification%20of%20organisms%2C%20in%20general.

Post a Comment

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama