7 Fakta Laba-laba yang Menakjubkan

Awas, ada laba-laba!



Sumber gambar: Pinterest.com/devianart
Keterangan: Laba-laba raksasa di pohon



Hewanpos - Laba-laba adalah adalah salah satu hewan invertebrata yang memiliki 8 kaki, 8 mata, dan tidak punya antena sehingga laba-laba tidak dianggap sebagai serangga. Laba-laba termasuk hewan arachnida bersama kalajengking.


Sampai Juli 2019, para ahli taksonomi mencatat laba-laba memiliki lebih dari 48 ribu spesies dan 120 keluarga. Hewan berkaki delapan ini hidup di semua benua kecuali Antartika yang sangat dingin.


Berikut 7 fakta laba-laba yang harus kamu tahu:


1. Pernapasan Laba-laba


Bagaimana laba-laba bernapas? Laba-laba ada dua jenis berdasarkan tempat hidup yaitu laba-laba darat dan laba-laba air.


Laba-laba di darat bernapas menggunakan paru-para buku dan insang buku digunakan oleh laba-laba air.


2. Laba-laba Paling Terkenal


Ada 48 ribu lebih spesies laba-laba yang sudah dikenal. Tapi ada beberapa laba-laba yang paling terkenal seperti laba-laba serigala, tarantula, laba-laba semut, laba-laba kepiting, dan laba-laba janda.


3. Mengapa Laba-laba Diberinama Araneae dalam Bahasa Latin?


Penamaan hewan di seluruh dunia diakui oleh sebuah lembaga resmi keilmuwan yaitu Kode Internasional Nomenklatur Zoologi (ICZN) yang resmi berdiri pada 18 September 1895 dan berbasis di Singapura.


Nama ilmiah laba-laba adalah Araneae yang diberikan oleh pakar laba-laba dari Swedia, Carl Alexander Clerck (1709-1765) pada 1757 melalui bukunya, Svenska Spindlar (Aranei Suicici).


4. Laba-laba Bikin Takut Manusia


Walau laba-laba bukanlah hewan pemangsa manusia seperti buaya air asin dan anaconda hijau, tapi laba-laba ditakuti oleh sebagian orang di bumi.


Istilah takut laba-laba adalah arachnophobia. Mereka akan gemetar, pusing, berkeringat, jantung berdetak kecang, dan dada sesak bila memasuki wilayah yang dihuni oleh laba-laba seperti ruang bawah tanah, lonteng, gua, garasi, dan hutan.


Mereka takut laba-laba karena pernah digigit atau mempercayai beberapa film laba-laba paling buas.


5. Mitologi Yunani


Yunani Kuno memiliki mitologi tentang laba-laba. Diceritakan bahwa ada seorang gadis Lydia bernama Arachne berhasil mengalahkan dewi Athena dalam lomba menenun.


Tapi Arachne gantung diri karena dewi Athena menghancurkan permadani karyanya. Dia dibangkitkan lagi sebagai laba-laba pertama oleh sang dewi karena belas kasih.


6. Santapan Lezat di Kamboja


Di Indonesia, banyak orang memakan belalang. Tapi di Kamboja, orang-orang memakan laba-laba. Ya, laba-laba termasuk makanan tidak biasa di Kamboja.


Jenis laba-laba terkenal, tarantula diburu dan dijual dengan harga 150 riel dan setiap pemburu laba-laba bisa menghasilkan USD 5-7 sehari.


Skuon, sekitar 90 km dari Phnom Penh, menjadi pusat kuliner ekstrim. Di kota ini, banyak laba-laba goreng ditawarkan.


7. Film Laba-laba Paling Seram


Tidak cuma anaconda hijau yang memiliki film mengerikan, laba-laba juga digambarkan sebagai hewan buas pembunuh manusia.


Beberapa film laba-laba terkenal yaitu Eight Legged Freaks (2002), Camel Spiders (2011), Lavalantula (2015), dan Arachnophobia (1990).



Sumber gambar: Imdb.com
Keterangan: Sampul film Spider-Man 2 (2004)



Tapi beda dengan empat film tadi, film Spider-Man (2002) justru menggambarkan seorang pahlawan super AS bernama Peter Parker (Tobey Maguire) yang bermula sejak dia digigit laba-laba dan menyelamatkan penduduk kota dari para penjahat.


Menurut kamu, fakta apa tentang laba-laba paling keren?


Sumber Referensi:


✍️ eprints.umk.ac.id


✍️ Kompas.com. (2020, 6 September). Mengapa Kita Takut Laba-laba?. Diakses pada Minggu, 6 Desember 2020, dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/06/160000369/mengapa-kita-takut-laba-laba-?page=all


✍️ En.wikipedia.org. Carl Alexander Clerck . Diakses pada Minggu, 6 Desember 2020, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Carl_Alexander_Clerck


✍️ En.wikipedia.org. Spider. Diakses pada Minggu, 6 Desember 2020, dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/Spider


✍️ Worldanimalfoundation.com. (2020, 2 April). Spiders. Diakses pada Minggu, 6 Desember 2020, dari https://www.worldanimalfoundation.com/advocate/wild-animals/params/post/1294329/spiders


✍️ Cardamomtentedcamp.com. (2020, 6 Maret). Why Locals Eat Spiders in Cambodia?. Diakses pada Minggu, 6 Desember 2020, dari https://cardamomtentedcamp.com/why-the-locals-eat-spiders-in-cambodia/


Baca juga:

👉 Ular Kawat Paling Kecil di Dunia

👉 Bagaimana Buaya Muara Bisa Hidup di Laut?

👉 Mengapa Anaconda Hijau Bisa Menjadi Raksasa?

5 Komentar

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

  1. Wah, info yang menarik. Belalang saja saya belum pernah nyoba, apalagi laba-laba hhmm... kira-kira rasanya gimana ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya gurih dan renyah gan jika digoreng kering gitu. Kata yang pernah makan sih 😁

      Hapus
  2. Dulu saya pernah digigit laba-laba yang segede badannya jem.... pol, kaki2nya sepanjang jari telunjuk, berbulu lebat coklat. Tapi syukurlah selamat. Karna dulu masih kecil, habis digigit laba2 itu ngarep banget jadi spiderman hehe.

    BalasHapus
  3. Jadi inget waktu SD dulu, saya sering banget cari laba-laba, namanya laba-laba Maung(Harimau) yang ukurannya wah bukan maen gede mas wkwk, oh iya mas, ini blog saya mampir juga ya!Semoga bermanfaat.






    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah secara relevan dan sehat. Hewanpos.com tidak bertanggungjawab terhadap apapun komentar Anda.

Lebih baru Lebih lama